3 Faktor Penting Dalam Menjaga Kualitas Produk

3-Faktor-Penting-Dalam-Menjaga-Kualitas-Produk
Foto dari Canva

Memiliki usaha dalam memproduksi suatu barang, tentunya menjaga kualitas produk merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya menjaga kualitas produk akan mendukung kesuksesan Anda sebab akan membuat konsumen menjadi puas dan loyal yang akan terus membeli produk Anda. Salah satu faktor penting yang membuat produk unggul dan bagus adalah dengan memperhatikan bahan bakunya, selain itu penggunaan barcode pada produk Anda merupakan hal yang tak kalah penting, guna membantu penginputan data yang akurat. Dalam hal penggunaan barcode tentunya harus di dukung dengan penggunaan ribbon barcode yang baik agar perwarnaan label barcode terbaca dengan jelas.

Bukan hanya itu saja ternyata ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan proses produksi Anda baik, simak artikel di bawah ini ya.

1. Bahan Baku

Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas suatu produk ialah bahan bakunya. Jika Anda memilih bahan baku yang terbaik, bisa dipastikan lebih dari 50% produksi Anda akan baik, begitu pula sebaliknya. Sebagai contoh misalnya dalam memilih bahan kaos. Bagaimana ciri-ciri Bahasa dasar kaos yang baik, atau bahan tertentu memiliki penanganan dan perawatan yang berbeda. Misalnya saja jika kaos berbahan dasar cotton combed, ciri katun combed terbaik ialah tidak kaku, berbahan dasar lembut di kulit, tidak gatal, serta menyerap keringat. Lain halnya lagi dengan bahan rajut atau wolfis tentunya masing-masing memiliki ciri kualitas yang baik seperti apa.

Selain kualitas bahan baku, perhatikan juga kualitas kain yang ingin Anda beli, apakah bolong atau mudah sobek, tipis atau tebal. Sama halnya juga berlalu Misalnya bila Anda memiliki usaha di bidang bakery, mulai dari pemilihan tepung, mentega, selai, ragi dan sebagainya juga akan menentukan output produksi Anda.

2. Proses Produksi

Setelah memilih bahan baku yang berkualitas, tahap selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah proses produksinya. Untuk menghasilkan suatu barang yang berkualitas tentunya harus melewati berbagai macam proses produksi hingga produk itu jadi 100%. Sebagai contoh jika Anda memiliki bidang usaha konveksi pastinya akan melewati proses seperti pembuatan pola, proses pemotongan, jahit, sablon, dll. Pada setiap prosesnya Anda harus memastikan tidak ada kesalahan kecil yang dibuat. Apakah menjahitnya rapih, sablonnya sudah sesuai, polanya sudah tepat ukurannya, jangan sampai Anda menganggap remeh hal ini karena akan berpengaruh terhadap output produksi Anda.

3. Pemeriksaan Kualitas Produk

Tahapan terakhir untuk menjaga kualitas produk adalah pemeriksaan kualitas produk. Sebagaimana yang kita ketahui dengan melakukan pemeriksaan kualitas produk, Anda sebagai pemilik usaha bisa mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki, sehingga produk yang dihasilkan bisa dipasarkan dengan baik. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap konsumen yang akan mendapatkan kualitas produk yang baik sehingga akan membuat reputasi bisnis Anda bagus.

Tentunya menjaga kualitas produk merupakan langkah awal suatu bisnis. Selanjutnya sebagai pelaku usaha Anda juga harus memikirkan bagaimana strategi pemasaran yang cocok dan sesuai dengan produk Anda. Semua aspek harus diperhatikan dengan hati-hati. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.