Indonesia Darurat Kesehatan Mental Remaja, Coba Alihkan dengan 5 Tips Ini!

Indonesia-Darurat-Kesehatan-Mental-Remaja-Coba-Alihkan-dengan-5-Tips-Ini
Foto dari Canva

Kesehatan mental dikalangan remaja menjadi hal yang memprihatinkan beberapa waktu belakangan. Ada banyak kasus anak-anak yang alami perundungan di lingkup sekolah atau pergaulan sehingga berdampak pada mental mereka. Tidak heran kasus depresi hingga bunuh diri pada remaja semakin tinggi tanpa melihat gender baik laki-laki atau perempuan. Hal ini tentu menjadi hal yang perlu perhatian agar masa depan generasi penerus Indonesia tetap terjaga.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan yang Bisa Kamu Coba

Bila  Anda sering mengalami mudah stress atau gangguan kecemasan saat mengalami kesulitan sehari-hari, maka cobalah untuk memulai hidup lebih baik dari sekarang. Anda bisa mencoba hal sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental lebih baik dengan cara berikut :

1. Katakan afirmasi positif setiap hari

Kata-kata yang membuat Anda galau, merasa putus asa, tidak bersemangat, dan berbagai kendala yang bisa mengganggu kesehatan psikis, maka hilangkan pikiran negatif tersebut. Jangan berikan ruang untuk hal negatif tumbuh dan berkembang dalam diri Anda. Setiap Anda bangun tidur, ambil napas dalam, minumlah segelas air putih, dan katakan hal positif tentang diri sendiri.

Katakan pada Anda di depan cermin, “Saya sehat, saya kuat dan mampu bekerja produktif hari ini.” Nikmati awal hari Anda lebih bersemangat dan Anda akan menikmati hasilnya lebih baik seiring waktu.

2. Mensyukuri semua hal yang ada dalam hidup

Bagi seorang remaja, anggapan orang lain tentang diri bisa berpengaruh hebat karena faktor lingkungan atau pergaulan. Cobalah untuk mensyukuri semua hal yang ada dalam hidup Anda mulai sekarang, misalnya Anda punya keluarga yang utuh, bisa menikmati sekolah, punya prestasi yang baik atau hal-hal sederhana yang bisa membuat senyum di bibir merekah.

3. Melakukan aktivitas olahraga

Cara menjaga kesehatan psikis tidak lepas dari kesehatan dan kebugaran fisik Anda. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik berupa olahraga yang bisa membantu otak berpikir positif dan fokus. Lakukan jenis olahraga yang Anda sukai setidaknya seminggu 1-2 kali untuk mengelola pikiran tetap fokus dan bebas dari stress, ya!

4. Menerapkan gaya hidup sehat

Remaja yang terjerat pada pola hidup buruk karena pergaulan seperti narkotika, merokok atau gaya hidup buruk lain akan semakin mudah terkena stress. Bila mengalami stress karena masalah pribadi atau masalah di lingkup sekolah, maka cobalah untuk merileksasi pikiran dengan pola hidup sehat. Atur waktu Anda dengan baik mulai sekarang, misalnya jadwal tidur yang baik, tidak begadang, tidak merokok atau minum alkohol, dan konsumsi makanan yang sehat.

Sesekali menikmati makanan berlemak atau makanan cepat saji yang Anda sukai bukan hal yang salah. Menikmati makanan enak bisa menyembuhkan stress, tetapi Anda harus memperhatikan batas porsi dari makanan yang mungkin kurang sehat tersebut.

5. Curhat

Cara terbaik untuk membuang energi negatif dalam diri adalah terbuka pada orang lain. Anda yang punya masalah bisa memilih curhat pada seseorang yang bisa dipercaya baik keluarga atau teman. Terbuka bisa membantu Anda merasa lebih lega dan mengenal diri sendiri, lho! Bila memang perlu bantuan, sebaiknya Anda memiliki orang terdekat untuk mengatasi masalah gangguan kecemasan baik konsultasi dengan ahli atau psikolog.

Dari beberapa tips mengelola gangguan kecemasan dalam diri di atas, Anda bisa mencobanya demi menjaga kesehatan mental. Kesehatan psikis merupakan hal yang penting sebab psikis yang baik akan mendukung kesehatan fisik Anda. Produktivitas dan prestasi akan semakin meningkat bila Anda mampu mengatasi semua masalah atau gangguan dalam diri dengan cara yang positif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.