Jaga Kesehatan Janin dengan Mengonsumsi Vitamin yang Tepat

  • Whatsapp
Jaga-Kesehatan-Janin-dengan-Mengonsumsi-Vitamin-yang-Tepat
Foto dari Canva Pro

Kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat dinanti mereka yang sudah berkeluarga sehingga ketika janin mulai tumbuh di dalam rahim ibu disambut dengan kebahagian dan rasa syukur. Namun, bukan hanya bersyukur, baik ibu maupun ayah harus selalu menjaga kesehatan janin juga ibu hamil. Caranya dengan menjaga makanan, berolahraga, juga mengonsumsi vitamin yang tepat.

Vitamin yang Baik untuk Ibu Hamil

Pada kesempatan kali ini ingin berbagi informasi mengenai vitamin yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Setidaknya, ada 4 macam jenis vitamin yang harus dikonsumsi ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan, yaitu:

1. Vitamin D

Setidaknya 10 miligram vitamin D harus dikonsumsi oleh ibu hamil setiap harinya. Sebab vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting bagi tulang dan gigi, bahkan sejak awal kehadiran janin di rahim ibu. Semenjak dalam kandungan hal ini harus sudah diperhatikan sehingga tidak mengganggu perkembangan buah hati saat telah lahir ke dunia.

Vitamin D bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, telur juga daging. Anda juga bisa mendapatkannya dari sinar matahari pada pagi hari. Jadi, sangat disarankan agar ibu hamil berjemur sebentar di pagi hari dalam rentang waktu pukul 7 hingga 10 pagi saja.

Salah satu suplemen yang mengandung vitamin D dan cocok untuk ibu hamil adalah Elkana. Selain itu, suplemen ini juga mampu menambah nafsu makan dan tidak membuat perut mengalami iritasi.

2. Kalsium

Kalsium juga menjadi salah satu nutrisi yang penting dalam perkembangan janin. Sebab mampu membantu pertumbuhan tulang si kecil. Pada masa kehamilan, wanita memerlukan setidaknya 1000 miligram sehari.

Anda bisa mengonsumsi makanan dari olahan kedelai seperti tahu dan tempe, juga kacang-kacangan, susu, yogurt, sayuran hijau. Selain itu, menambahkan suplemen ibu hamil seperti Osfit DHA yang tidak hanya mengandung kalsium, tapi juga minyak ikan dan vitamin D3.

3. Zat Besi

Zat besi menjadi nutrisi yang penting bagi tubuh. Karena itu, kebutuhan nutrisi ini pada ibu hamil harus dipenuhi dengan baik agar menjaga kondisi tubuh sehingga tidak pusing, lemah, lelah, dan pucat.

Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau pekat dan kacang-kacangan untuk menambah zat besi. Selain itu, tambahkan suplemen Folamil Genio agar kebutuhan zat besi ibu hamil terpenuhi.

4. Asam Folat

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat juga merupakan hal penting bagi ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi penting pada masa awal pembentukan janin karena mampu mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi.

Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan, gandum, sayuran hijau, dan buah jeruk untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Anda juga bisa menambahkan suplemen seperti Mega Food Baby & Me, Prenatal DHA, atau Blackmores Pregnancy & BreastFeeding Gold yang diformulasikan khusus bagi masa awal kehamilan dan dapat mencukupi kebutuhan asam folat bagi janin.

Masa kehamilan merupakan saat penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, konsumsi makanan ibu hamil harus sangat diperhatikan. Anda bisa mendapatkan berbagai suplemen untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *