Kaki Anda Kasar dan Pecah-pecah, Kenali 5 Penyebab Utamanya Versi SehatQ Ini!

  • Whatsapp
Kaki-Anda-Kasar-dan-Pecah-pecah-Kenali-5-Penyebab-Utamanya-Versi-SehatQ-Ini
Foto dari Canva Pro

Sebagai negara tropis yang memiliki intensitas sinar matahari cukup tinggi, banyak orang Indonesia yang mengeluhkan kondisi kulit kering dan bersisik. Tidak hanya kulit wajah, kaki atau tangan saja, tetapi kulit telapak kaki mengalami hal yang sama. Telapak kaki menjadi lebih kasar, pecah-pecah dan mengelupas yang sangat mengganggu kenyamanan. Anda wajib rutin mengoleskan masker kaki demi mencegah penurunan rasa percaya diri saat tampil dengan sandal atau sepatu yang memperlihatkan bagian tumit.

Penyebab kaki Anda kasar dan pecah-pecah

Kaki yang kasar dan pecah-pecah bisa membuat masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Biasanya kaki yang pecah-pecah bisa mengelupas dan mengeluarkan darah sehingga mengakibatkan sensasi rasa perih. Setiap Anda berjalan atau beraktivitas di kantor, kaki yang terbungkus sepatu terasa sakit. Agar tidak menurunkan produktivitas harian Anda, pastikan merawat kaki dengan masker kaki secara rutin, ya!

Tidak ada salahnya Anda juga mengetahui penyebab telapak kaki kasar dan pecah-pecah antara lain :

1. Infeksi jamur

Penyebab telapak kaki Anda menjadi kasar disebabkan oleh infeksi jamur, lho! Jamur muncul karena Anda jarang membersihkan kaki dengan baik, misalnya membersihkan telapak kaki dengan sikat halus, memakai kaos kaki dan sepatu yang rajin dicuci dan memastikan sirkulasi udara pada sepatu terjaga dengan baik. Jangan memakai ukuran sepatu yang terlalu kecil sehingga bakteri bisa tumbuh subur karena tidak adanya sirkulasi udara di ruang yang sempit.

2. Menggunakan sepatu olahraga

Tahukah Anda bahwa penggunaan sepatu olahraga bisa menjadi penyebab kulit kaki terkelupas dan pecah-pecah? Hal ini dikarenakan produksi keringat saat melakukan olahraga cenderung meningkat. Akibatnya kaki yang tertutup sepatu menjadi lebih lembab sehingga berpotensi mengundang jamur dan bakteri penyebab bau tidak sedap. Lama-lama kulit telapak kaki Anda akan menjadi kasar dan mengelupas, lho! Gunakan krim kaki yang efektif mencegah jamur muncul pada kaki saat Anda olahraga.

3. Dehidrasi

Tubuh kekurangan cairan bisa membuat telapak kaki Anda pecah-pecah. Hal ini juga terjadi pada bagian kulit yang lain seperti bagian bibir, siku dan kulit cantik Anda. Selalu optimalkan kesehatan kulit dengan rajin mengkonsumsi air putih dengan baik agar Anda tidak mengalami dehidrasi, apalagi cuaca panas yang membuat kulit semakin kering.

4. Kondisi eczema

Merupakan kondisi kulit mengalami kering bersisik, mengelupas dan terasa gatal sehingga Anda butuh salep dokter. Telapak kaki yang terkena eczema harus segera diatasi atau bisa mengganggu kenyamanan Anda sehari-hari.

5. Pergantian kulit alami

Kulit telapak kaki memang akan mengelupas secara alami sehingga Anda harus mendukung proses pergantian kulit tersebut. Gunakan bahan alami yang bisa menjadi masker kaki seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau krim di pasaran yang efektif melembabkan kulit telapak kaki Anda. Pastikan Anda membeli krim kaki yang telah terbukti memiliki review bagus dan terdaftar BPOM RI, ya!

Kini Anda bisa melakukan perawatan pada kulit telapak kaki agar terhindar dari masalah kering, pecah-pecah dan terkelupas sampai perih. Pendarahan pada kaki bisa terjadi akibat kulit yang alami pecah-pecah parah sehingga Anda memerlukan perawatan dokter secara intensif. Merendam kaki dengan air hangat bisa membuat kulit kaki menjadi lebih lembut dan bebas dari masalah kulit kering.

Jika Anda memiliki keluhan dengan kulit telapak kaki yang pecah-pecah parah, konsultasikan dengan dokter terpercaya di SehatQ. Dokter akan merekomendasikan masker kaki, salep atau krim yang efektif mengembalikan kelembaban alami kulit telapak kaki. Jika Anda perlu perawatan kesehatan dan kecantikan kulit, cari rekomendasi klinik atau rumah sakit yang memiliki pelayanan maksimal hanya di Sehatq.com sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *