Sering Mengganggu Aktivitas, Cari Tahu Jenis Sakit Pinggang Yang Menyerang

  • Whatsapp
Sering-Mengganggu-Aktivitas-Cari-Tahu-Jenis-Sakit-Pinggang-Yang-Menyerang
Foto dari Canva Pro

Rasa nyeri pada pinggang seringkali menyerang banyak orang. Biasanya, sakit ini diakibatkan karena adanya cedera otot pada bagian punggung bawah karena berbagai macam penyebab seperti posisi duduk yang salah. Merasakan rasa sakit dan gejala yang berbeda, ternyata sakit pinggang memiliki banyak nama dan membutuhkan penanganan yang berbeda. Yuk cari tahu jenis sakit pinggang yang biasa menyerang tubuh anda.

Jenis-Jenis Nyeri Pinggang

1. Sakit Pinggang Aksial

Sakit pinggang aksial adalah sakit yang paling sering menyerang punggung bagian bawah. Sakit ini bersifatĀ  non spesifik, dimana struktur tulang pinggang yang terasa sakit terjadi karena beberapa hal ringan dan dapat mereda dengan sendirinya. Penyebab munculnya sakit pinggang aksial adalah aktivitas berat yang dilakukanĀ  dengan jangka waktu lama. Rasa kram yang muncul di bagian bawah punggung ini disebabkan karena adanya cedera pada otot ligamen.

Orang yang memiliki gejala dan ciri-ciri terkena sakit pinggang aksial biasanya akan merasakan nyeri seperti ditusuk benda tajam terus menerus selama beberapa waktu. Jenis sakit pinggang aksial akan semakin parah ketika melakukan aktivitas atau berada pada suatu posisi tertentu. Biasanya, nyeri iniĀ  dirasakan hanya pada bagian punggung bawah dan dapat dihilangkan dengan mengoleskan krim pereda nyeri dan istirahat selama beberapa waktu.

2. Sakit Pinggang Radikuler

Nyeri pinggang radikuler disebabkan karena adanya peradangan pada saraf tulang belakang, yang terhubung langsung ke tulang pinggang. Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita menjalar dari bagian bawah punggung hingga tungkai kaki. Penderita juga akan merasakan linu luar biasa karena adanya kompresi saraf pada tulang belakang, bagian S1 pada bokong, hingga L5 atau betis hingga ujung kaki, Itulah mengapa rasa kram pada jenis sakit pinggang ini akan terasa hingga ujung kaki.

Gejala yang akan dirasakan penderita sakit pinggang radikuler adalah rasa sakit dipancarkan terasa sepanjang tulang belakang hingga bagian telapak kaki. Biasanya, linu yang dirasakan akan sangat kuat apalagi dipicu dengan berbagai kegiatan ataupun aktivitas pada posisi tertentu yang dapat memicu timbulnya sakit pinggang. Nyeri punggung seperti ini biasanya disertai dengan kesemutan dan melemahnya refleks otot sehingga menyebabkan mati rasa.

3. Sakit Pinggang Alih

Nyeri pinggang alih adalah sakit pada bagian bawah punggung yang bervariasi tergantung dari tingkat keparahan sakit yang dirasakan. Berbeda dengan kedua sakit pinggang sebelumnya, tipe ini dapat terjadi akibat adanya saraf pada bagian tubuh yang terjepit. Cedera pada bagian saraf dapat menyebabkan rasa sakit yang juga dirasakan oleh struktur tubuh lainnya. Karena itu, cara mengobati rasa sakit pada pinggang dengan kondisi seperti ini berbeda dengan penanganan lainnya.

Jenis sakit pinggang alih memiliki tanda-tanda seperti munculnya rasa nyeri yang cenderung ringan pada bagian punggung bawah. Sesekali, pada area sekitar pinggang akan terasa pegal dengan intensitas tertentu. Kemudian, nyeri ini akan mulai terasa pada bagian pangkal paha, bagian bokong, sampai paha bagian atas. Rasa sakit yang ditimbulkan dari saraf yang terjepit ini, dapat meluas dengan adanya interkoneksi yang luas dari saraf sensorik pada pinggang.

Sakit nyeri yang dirasakan pada pinggang, memiliki gejala yang berbeda-beda. Karena itu, untuk mengatasinya juga harus dilakukan perawatan yang berbeda. Cara paling sederhana untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kiri, kanan atau bawah bisa dengan mengoles bagian pinggang yang sakit dengan krim pereda nyeri. Namun, krim ini hanya bersifat sementara dalam mengelola rasa sakit. Jika rasa nyeri masih berlanjut, ada baiknya untuk mengkonsultasikan kepada dokter yang sesuai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *